Kamis, 22 September 2011

Progress on: Site Analysis, Program, Preseden dan Keywords


Dengan usulan program yang telah Saya putuskan yaitu sebuah perpustakaan, Saya mencari beberapa preseden untuk memperkuat desain dan mengetahui ruang-ruang apa sajakah yang dibutuhkan oleh perpustakaan pada umunya, dan saya lampirkan sebagai berikut :


Saya juga menemukan beberapa keywords pada site :
1. Organize : Saya merasakan keadaan Suasana site yang sangat teratur, dimana suatu tatanan ruang itu tertata dengan baik, terdapat pembagian jalan dari mobil, jalan khusus pejalan kaki yang tertata dengan baik dan bahkan adanya bike lane yang jarang terlihat di Jakarta. Drainase juga tertata dengan rapi di setiap depan massing.
2. History : Site ini sangat bersejarah, mengingat letaknya yang dekat dengan Gedung Sate yang merupakan bangunan dari jaman kolonial Belanda, yang kemudian memiliki sebuah aksis imajiner menuju ke Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat yang memiliki nilai sejarah yang tidak kalah kuatnya dengan Gedung sate, Selain itu juga terdapat museum Geologi yang merupakan tempat penyimpanan materi geologi. 3 bangunan ini memberikan unsur sejarah yang kuat pada site.
3. Aksis : Site ini memiliki sebuah aksis imajiner yang sangat menarik dari gedung sate menuju ke monumen perjuangan rakyat jabar yang kemudian dilanjutkan ke gunung tangkuban perahu. Hal ini terjadi karena pada jaman Belanda itu ingin membuat bangunan yang menghadap ke daratan tertinggi sehingga menggambarkan " kesucian " tersebut.
4. Hierarki : Adanya hierarki yang kuat pada site dibandingkan dengan daerah di luar site tersebut dikarenakan fungsi ketiga bangunan tersebut sebagai gedung pemerintah dan memiliki nilai historis yang tinggi.
5. Commodious : Keadaan site yang menarik karna lapang, terbuka, luas, besar ini memberikan kesempatan bagi orang-orang disana untuk memanfaatkannya sebagai sarana tempat berkumpul orang-orang Bandung menjadikan site ini menarik perhatian.



Berikut merupakan maket site 1 : 1500


Beberapa gambar potongan site

Tidak ada komentar:

Posting Komentar